Blog updates

Latest news & updates
BEAUTY, Beauty Tips, SKINCARE

Seberapa Sering Seharusnya Kalian Memakai Face Mask?

August 20, 2017

Kalian tahu tidak, masker wajah memiliki banyak tipe dan jenisnya, terkadang pasti diantara kalian banyak yang bingung, sebenarnya masker apa sih yang cocok dan bisa dipakai setiap hari dan mingguan tanpa membahayakan kulit wajah? 

Sebelumnya Jika kalian perhatikan, hampir disetiap petunjuk di kemasan face mask tertera hanya bisa dipakai 1-2 kali dalam seminggu, Tapi bagaimana jika kita memiliki banyak tipe masker yang hanya bisa dipakai seminggu sekali, bisakah menggunakan masker yang berbeda-beda disetiap hariny dalam satu minggu? Tentu bisa eitss.. tapi harus dilihat dulu tipe masker tersebut.

Menurut Jordana Mattioli NYC-based esthetician, Nicolas Travis, founder of Allies of Skin dan Dr. Elizabeth Tanzi, founder and director of Capital Laser & Skin Care and Assistant Clinical Professor for the Department of Dermatology at the George Washington University Medical Center yang dikutip dari website bustle dan lillyandpeach mengungkapkan tentang tipe masker yang bisa dipakai setiap hari dan tipe masker yang dipakai dalam waktu berjangka 

Menurut para ahli diatas, selama masker tersebut merupakan tipe masker hydrating (menghidrasi dan melembabkan kulit) bisa dipakai setiap hari.namun Jika kalian belum yakin tipe masker apa yang bisa memberikan manfaat yang baik untuk wajah kalian, Mattioli menyarankan agar selalu mengecek kandungan bahan yang terdapat di masker (kalian bisa mengecek bagian kemasan belakang masker ) 

contoh hydrating mask

Kandungan bahan seperti antioxidants, hyaluronic acid, aloe, vitamins, and niacinamide, adalah bahan yang sangat baik untuk digunakan setiap hari. Produk memiliki wangi fragrance yang menyengat atau tipe masker exfoliating, anti aging atau anti acne bisa membuat kulit iritasi jika dipakai terlalu sering Lebih dari 1-2 kali dalam seminggu.

innisfree volcano clay mask
credit :hokoco

Meskipun clay mask termasuk dalam kategori yang bisa membuat kulit iritasi jika dipakai lebih dari 1-2 kali dalam seminggu, namun jika clay mask sangat cocok untuk kulit kalian (khususnya jika memilih tipe masker yang bisa membantu dalam membasmi breakout diwajah)  

Travis memiliki tips dan trick dalam memakai tipe masker ini agar bisa dipakai setiap hari.

Ketika menggunakan clay mask daily, triknya adalah jangan biarkan masker sampai benar-benar kering, jika normalnya masker clay membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit untuk benar-benar kering, kalian bisa langsung membilas masker ini setelah 5-10 menit setelah diaplikasikan di kulit, tujuannya adalah agar menghindari kulit overdrying , karena sifat dari clay itu umumnya menyerap sebum minyak jadi jika terlalu lama didiamkan, hasilnya wajah menjadi terlalu kering (perlu diingat trik ini hanya berlaku jika kalian memutuskan memakai clay mask setiap hari, jika hanya seminggu sekali, tidak masalah didiamkan selama 15-20 menit) jangan lupa setelah itu gunakan produk wajah yang bisa menghidrasi kulit atau bisa dilanjut menggunakan face mask sheet yang menghidrasi kulit.

Tapi meskipun begitu, Untuk exfoliating mask yang memiliki kandungan AHA atau BHA( glycolic atau salicylic acid) sebaiknya dibatasi penggunaanya sebanyak 1-2 kali dalam seminggu untuk menghindari iritasi dan over exfoliation. Menurut mattioli , jangan pernah takut untuk memakai jenis masker dalam satu waktu, contohnya pada malam hari kalian bisa memulai menggunakan AHA/BHA peel untuk mengangkat sel kulit mati atau diganti bisa dengan clay mask untuk menghilangkan minyak berlebih kemudian dilanjutkan dengan menggunakan hydrating sheet-mask pada wajah yang sudah dibersihkan dari sisa penggunaan clay dan untuk terakhirnya menggunakan moisturizing overnight-mask untuk mengunci kadar hidrasi diwajah semalaman. 

contoh overnight sleeping mask
Laneige Water sleeping mask

Cara seperti ini sudah aku praktikan dan hasilnya sangat memuaskan! Wajah jadi lebih fresh dan terasa kenyal keesokan harinya.tapi Cara ini tidak perlu dilakukan setiap malam, hanya jika kalian membutuhkannya saja.

apa tipe jenis masker yang kalian sukai ?

Write a Comment